Sabtu, 17 Mei 2014

Pengertian Demokrasi


DemokrasiberasaldaribahasaYunaniyaitu "Demos" yang berartirakyatdankratos yang berartikekuasaan.SecarabahasaDemokrasiadalahkekuasaan yang beradaditanganrakyat(pemerintahanrakyat). Maksuddaripemerintahanrakyatadalahpemegangkekuasaantertinggidipenggangolehrakyat.Jadidemokrasiadalahsebuahbentuksistempemerintahandalamrangkamewujudkankedaulatanrakyat yang dijalankanolehpemerintah.

Kata budayaberasaldari kata budi/akaldandaya/kemampuanmakabudayaadalahkemampuanakalmanusia.Secarabahasabudayademokrasiberartikemampuanakalmanusiatentangberdemokrasi.
PengertianBudayaDemokrasidapatdilihatdaritigasudut. Yang pertamaadalahbudayademokrasi formal, yaitusuatusistempemerintahanyghanyadilihatdariadaatautidaknyalembagapolitikdemokrasisepertiperwakilanrakyat .
Yang keduaadalahbudayademokrasiwajah(permukaan), yaitudemokrasi yang hanyatampakdariluar, sedangkan di dalamnyatidakadasamasekaliunsurdemokrasi.
Yang ketigademokrasisubstantif, yaitudemokrasi yang memberikankesempatan(haksuara) untukmenentukankebijakankepadaseluruhgolonganmasyarakattanpamemandangkedudukanatauapapundengantujuanmenjalankan agenda kerakyatan.
BudayaDemokrasipadaintinyaadalahbudaya yang menomorsatukankepentinganmasyarakatdalampembuatankeputusanmengenaikebijakannegara.

Kelebihan
+ Demokrasimemberikesempatanuntukperubahan di tubuhpemerintahantanpamenggunakankekerasan.
+ Adanyapemindahankekuasaan yang dapatdilakukanmelaluipemilihanumum
+ Sistemdemokrasimencegahadanyamonopolikekuasaan
+ Dalambudayademokrasi, pemerintah yang terpilihmelaluipemiluakanmemiliki rasa berutangkarena      rakyat yang memilihnya, olehkarenaituhaliniakanmenimbulkanpemicuuntukbekerjasebaik-baiknya  untukrakyat
+ Masyarakatdiberikebebasanuntukberpartisipasi yang menimbulkan rasa memilikiterhadapnegara.

Kekurangan
- Masyarakatbisasalahdalammemilihdikarenakanisu-isupolitik
- Fokuspemerintahakanberkurangketikamenjelangpemilumasaberikutnya
- Massa dapatmemengaruhi orang

PendidikanDemokrasi
Pendidikandemokrasidiartikansebagaiupayasistematis yang dilakukan Negara danmasyarakatuntukmemfasilitasiindividuwarganegaranya agar memahami, meghayati, megamall kandanmengembangkankonsep, prinsipdannilaidemokrasisesuaidengan status danperannyadalammasyarakat ( winataputra, 2006 : 12)

Demokrasimemangtidakdiwarisi , tetapiditangkapdandicernamelalui proses belajarolehkarenaituuntukmemahaminyadiperlukansuatu proses pendidikandemokrasi. Pendidikandemokrasidalamnerbagaikonteks, dalamhaliniuntukpendidikan formal ( disekolahdanperguruantinggi), non formal ( pendidikandiluarsekolahdan informal ( pergaulandirumahdanmasyarakatkulturaluntukmembanguncita – cita, nilai, konsep, prinsip, sikap, danketerampilandemokrasidalamberbagaikonteks(Winaputra,2006:19)

>dilihatdaricarapenyaluranaspirasirakyat;
  • DemokrasiLangsung
Demokrasilangsungadalahsistemdemokrasi yang memberikankesempatankepadaseluruhwarganegaranyadalampermusyawaratansaatmenentukanarahkebijakanumumdarinegaraatauundang-undang.Bisadikatakandemokrasilangsungadalahdemokrasi yang bersihkarenarakyatdiberikanhakmutlakuntukmemberikanaspirasinya.
  • DemokrasiTidakLangsung
Demokrasitidaklangsungadalahsistemdemokrasi yang dijalankanmenggunakansistemperwakilan.

>dilihatdaridasar yang dijadikanprioritasatautitikperhatian;
  • Demokrasi Material
  • Demokrasi Formal
  • DemokrasiCampuran
>dilihatdariprinsipideologi;
  • Demokrasi Rakyat
Demokrasirakyat(proletar) adalahsistemdemokrasi yang tidakmengenalkelassosialdalamkehidupan. Tidakadapengakuanhakmilikpribaditanpaadapaksaanataupenindasantetapiuntukmencapaimasyarakat yang dicita-citakantersebutdilakukandengancarakekerasanataupaksaataudengan kata lain negaraadalahalatuntukmencapaicita-citakepentingankolektif.  Demokrasirakyatmerupakandemokrasi yang berdasarkanpahammarxismeataukomunisme.  
  • DemokrasiKonstitusional
Demokrasikonstitusionaladalahdemokrasi yang dilandaskankebebasansetiap orang ataumanusiasebagaimakhluksosial.Hobbe, LockdanRousseauemengemukakanpemikirannyatentangnegarademokrasibahwanegaraterbentukdisebabkanolehbenturankepentinganhidup orang yang hidupbermasyarakat.Inimengakibatkanterjadinyapenindasandiantaramereka.Olehsebabitukumpulan orang tersebutmembentukkomunitas yang dinamakannegaraatasdasarkepentinganbersama.Akan tetapifakta yang terjadikemudianadalahmunculnyakekuasaanberlebihatauotoriterianisme.
Hal inilah yang menjadipemicupemikiranbaruyaknidemokrasi liberal.Setiapindividudapatberpartisipasimelaluiwakil yang dipilihmelaluipemilihansesuaiketentuan.Masyarakatharusdijaminandalamhalkebebasanindividual(politik, sosial, ekonomi, dankeagamaan).

>dilihatdarikewenangandanhubunganantaraalatkelengkapannegara;
  • DemokrasiSistemParlementer
Indonesia pernahmenerapkandemokrasiparlementeryaitupadatahun 1945-1959.Dalamsistemdemokrasiparlementer, Indonesia memilikikepalanegaradankepalapemerintahansendiri.Selamaperiodeinikonstitusi yang digunakanadalahKonstitusi RIS dan UUDS 1950.BAnyakkelebihan yang dirasakanketika Indonesia menerapkansistemdemokrasiparlementerantara lain:
1. Parlemenmenjalankanperan yang sangatbaik
2. Akuntabilitaspemengangjabatantinggi
3. Partaiplitikdiberikebebasandanpeluanguntukberkembang
4. Hakdasarsetiapindividutidakdikurangi
5. Pemilihanumumdilaksanakan benar2 denganprinsipdemokrasi (Pemilu 1955)
6. Daerah diberikanotonomidalammengembangkandaerahnyasesuaidenganasasdesentralisasi

Meskipunbanyaksekalikelebihan yang dirasakan, demokrasiparlementerdianggapgagalkarenabeberapaalasan yang dikemukakanparaahlisebagaiberikut:
1. UsulanPresiden(KonsepsiPresiden) tentangPemerintahan yang berasaskangotong-royong( berbaukomunisme)
2. DewanKonstituante yang bertugasmenyusunUndang-undang(konstitusi) mengalamikegagalandalammerumuskanideologinasional.
3. Dominansekalipolitikaliran yang memicukonflik
4. Kondisiekonomipascakemerdekaanmasihbelumkuat.
  • DemokrasiSistemPresidensial

Kata demokrasiberasaldariAthena,YunaniKunosekitarabad ke-5SM. Yunanimerupakansalahsatunegara yang ilmupengetahuandanperadabannyamajupadazamannya. Dari sinilahawalperkembangantentanghukumdemokrasi modern.Seiringberjalannyawaktuhinggasekitarabad ke-18 terjadilahrevolusi-revolusitermasukperkembangandemokrasi di berbagainegara.Konsepdemokrasimenjadisalahsatuindikatorperkembangansistempolitiksebuahnegara.PrinsipTriaspolitica yang diterapkanolehnegarademokrasimenjadisangatutamauntukmemajukankemakmurandankesejahteraanmasyarakat.Faktasejarahjugamemeribuktibahwakekuasaaneksekutif yang terlalubesartidakmenjamindalampembentukanmasyarakat yang adildanberadab.

Konstitusi Indonesia, UUD 1945, menjelaskanbahwa Indonesia adalahsebuahnegarademokrasi. Presidendalammenjalankankepemimpinannyaharusmemberikanpertanggungjawabankepada MPR sebagaiwakilrakyat.Olehkarenaitusecarahierachyrakyatadalahpemegangkekuasaantertinggimelaluisistemperwakilandengancarapemilihanumum. Pada era PresidenSoekarno, Indonesia sempatmenganutdemokrasiterpimpintahun 1956. Indonesia jugapernahmenggunakandemokrasisemu(demokrasipancasila) pada era  PresidenSoehertohinggatahun 1998 ketika Era Soehartodigulingkanolehgerakanmahasiswa. Gerakanmahasiswa yang telahmemakanbanyaksekalihartadannyawadibayardengansenyumgembiradan rasa syukurketikaPresidenSoehartomengumumkan "berhentisebagaiPresidenIndonesua" pada 21 Mei 1998. Setelah era Seohartoberakhir Indonesia kembalimenjadinegara yang benar-benardemokratismulaisaatitu.  Pemiludemokratis yang diselenggarakantahun 1999 dimenangkanolehPartaiDemokrasi Indonesia Perjuangan.
Padatahun 2004 untukpertama kali Bangsa Indonesia menyelenggarakanpemilihanumumpresiden.INiadalahsejarahbarudalamkehidupandemokrasi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar